Upgrade KRN kWh Meter Listrik PLN Pelanggan Prabayar
Pada tanggal 19 September, kami mahasiswa
yang melaksanakan magang di PLN UP3 Bali Utara dimintai bantuan oleh PLN ULP
Singaraja untuk mengupgrade data pelanggan. Jumlah mahasiswa yang dimintai
bantuan yaitu 6 orang mahasiswa termasuk saya. Jam 09.00 saya dan lima rekan
mahasiswa langsung menuju ke kantor PLN ULP Singaraja yang beralamat di Jl.
Ngurah Rai No.68, Banjar Jawa, Kec. Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali 81114.
Sesampainya disana kami berkenalan dengan karyawan-karyawan ULP Singaraja. Kemudian
kami dijelaskan mekanisme tugas yang diberikan. Tugas yang diberikan adalah
menginput data pelanggan prabayar melalui aplikasi Key Change Token
(KCT) Mobile. Penginputan data ini bertujuan untuk mengupgrade/mengupdate KRN
(Key Revision Number) kWh meter listrik PLN pelanggan prabayar. Upgrade KRN meter
pelanggan ini merupakan pembaharuan untuk kWh meter yang telah berusia di atas
5 tahun untuk memastikan kWh meter pelanggan prabayar tetap dapat digunakan
sesuai standar pabrikan.
Mekanisme dalam penginputan data pelanggan
ini adalah karyawan TE (Transaksi Elektrik) memberikan file excel yang
berisikan data-data pelanggan dan kami disuruh mendownload aplikasi KCT Mobile
di hp. Kemudian kami juga diberikan akun karyawan untuk login ke aplikasi
tersebut. Selanjutnya pilih menu KCT lalu copy no Idpel dan paste.
Setelah itu pilih bagian benar, baru kami memasukan NIK yang diberikan dan
memilih status NIM. Pemilihan status NIK ini berdasarkan tarif pelanggan misal
tarifnya ada R maka status yang dipilih adalah kerabat. Setelah itu masukkan foto
dengan latar belakang hitam kemudian pilih bagian belum berlangganan baru pilih
simpan data. Setelah data tersimpan, baru warnai kolom idpel yang sudah
diinput. Hal ini bertujuan agar kami tahu mana saja yang sudah dinput dan yang
belum diinput. Masing-masing mahasiswa menginput data pelanggan kurang lebih
700 pelanggan prabayar di seluruh daerah Singaraja.
Komentar
Posting Komentar