Pengecekan Data Catat Meter (CATER) Pelanggan Pascabayar di Daerah Tejakula

 


Minggu kedua, saya dan rekan mahasiswa lainnya diberikan tugas oleh Pak Teguh selaku pegawai divisi TE untuk mengecek data catat meteran pelanggan Pascabayar. Sebelum diberikan tugas, kami diberikan materi mengenai pengecekan Cater dan langkah-langkah apa saja yang diperlukan. Pemberian materi ini berupa materi Data Induk Pelanggan (DIL), Ganti Meter (GAMET), Tarif, Daya dan lain sebagainya. DIL itu dibagi menjadi 2 tipe pelanggan yaitu pelanggan pascabayar (pembayarannya itu bulanan) dan pelanggan prabayar (pembeyarannya melalui pulsa). Pada tugas ini, kami hanya disuruh mengecek pelanggan pascabayar. Setiap pelanggan PLN itu memiliki  (Induk Pelanggan). Dimana IDPEL itu dibagi menjadi 5 bagian, yakni:

1.    55300 = Singaraja

2.    55310 = Tejakula

3.    55320 = Seririt

4.    55330 = Negara

5.    55340 = Gilimanuk

Kelima daerah tersebut merupakan pelanggan PLN yang ada di daerah Bali Utara. Sebelum melakukan pengecekan cater, kami sebelumnya melakukan filterisasi file yang telah diberikan. Filterisasi ini bertujuan untuk mefilter data pelanggan sesuai dengan IDPEL/Unit daerahnya masing-masing. Setelah itu baru kita kembali membuka file excel DIL sesuai dengan unit daerah yang diinginkan. Data DIL ini berisikan nama pelanggan, nomor induk pelanggan, alamat. tarif dan daya digunakan dan lain sebagainya. Setelah itu baru kita memfilter lagi pelanggan pascabayar. Kemudian langkah pengecekannya itu dengan mengcopy nomor induk pelanggan lalu paste nomor tersebut di website Catat Meter Terpusat. Nantinya akan muncul seluruh informasi mengenai pelanggan tersebut mulai dari foto meterannya, nama pelanggan, alamat, daya, tarif dan lain-lain. Lalu kita akan mmengeck atau mencocokan data tersebut dengan sile yang telah difilter dan mengecek apakah foto meteran apakah mengalami kerusakan atau tidak. Pengecakan ini dilakukan untuk mengetahui apakah meteran pelanggan pascabayar ini mengalami pencurian Kwh dan kerusakan meteran seperti baut meteran rusak, kaca pelindung retak dan sebagainya. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pelepasan Mahasiswa Magang di PT PLN (Persero) UP3 Bali Utara

Pengenalan Divisi Transaksi Energi Listrik

Melaksanakan Kegiatan Lomba dalam Rangka Memperingati Hari Listrik Nasional